NB: mohon maaf, gambar banyak yg hilang dikarenakan server data gambar
mengalami gangguan, masih dalam perbaikan, thanks

Rabu, 06 Juni 2012

Skema Charger/Cas Aki Sederhana | Cara Membuat Charger Aki Sendiri

Skema Charger/Cas Aki Sederhana | Cara Membuat Charger Aki Sendiri
Salam sukses selalu, kali ini saya mau berbagi tentang cara membuat cas-casan/charger aki sendiri dengan biaya yg cukup murah dan pembuatan yg sangat gampang sekali ..
langsung saja,
Tentunya alat dan bahan harus kita persiapkan terlebih dahulu.

Alat:
-Gunting
-Cuter
-Isolasi
-Solder
-dsb.


*harga dibawah hanya perkiraan saja.
*Utamakan keselamatan dalam kerja

Dibawah ini untuk skemanya ..


Skema untuk trafo CT:

Bahan:
-Timah Rp. 1500/meter
-Trafo 5A 12 volt = +-Rp. 50.000
-Kabel
-Amper Meter/Multimeter
-LED indikator (jika diperlukan)
-ELCO/Capasitor 2200uF/25volt = Rp. 2.000
-Dioda 5Amper 2biji. = Rp. 1000
-Kipas Rp. 5.000 (Jika diperlukan)
-Secangkir kopi susu hangat :D





Skema untuk trafo yg tidak CT:
Bahan:
-Trafo 5-10A non CT
-Dioda Bridge/kiprok 5A -+ Rp. 4.000
-Amper meter
-Elco 4700uF/35volt (Tambahan, pasang setelah dioda)
-Kipas Rp. 5.000 (Jika diperlukan) 
Skema Charger/Cas Aki Sederhana | Cara Membuat Charger Aki Sendiri




NB:  
-PENGISIAN ULANG HARUS DIPANTAU JANGAN SAMPAI OVER. AMPERMETER DIATAS BERFUNGSI SEBAGAI INDIKATOR JIKA ACCU SUDAH PENUH. JIKA AKI PENUH, AMPERE METER AKAN MENDEKATI NOL DAN SEGERA CABUT DARI PENCHARGERAN.

- ALANGKAH BAIK DIBERI FUSE (SEKRING) SEBELUM DAN SESUDAH DIODA

-PEMASANGAN KUTUP POSITIF (+) NEGATIF (-) JANGAN SAMPAI TERBALIK

-RANGKAAN INI TIDAK MEMILIKI PEMUTUS OTOMATIS, JADI HARUS DIPANTAU.

-ESTIMASI PENGISIAN UNTUK AKI MOTOR SEKITAR 3-4 JAM, TERGANTUNG AMPER DARI AKI DAN TRAFONYA


Mudah bukan ??
selamat mencoba, dan semoga berhasil .. :D

67 komentar:

  1. apakah charger diatas bisa digunakan untuk charge baterai AA?? rencana mau dipakai untuk charge baterai tamiya mini 4WD

    mohon pencerahan nya :shakehand

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa.. karena 1 baterai tamiya hanya 1,5 volt.. maka source trafo juga harus sekitar 1,5 sampai 2 volt.

      kalo tidak ada bisa diakalin dengan trafo yg tidak CT seperti diatas, tp kabel yg dari value/angka "0" di pindah di value "12", jadi yg dihubungkan 12 dan 15 volt, akan menghasilkan 3 volt.
      ada baiknya diberi elco biar pengisian stabil dan bersih.

      kalo takut pengecasan kegedean, bisa langsung men-seri 2 baterai sekaligus.. jadi voltase baterai juga 3 volt..

      Hapus
  2. oy mas gmna cara membuat carger aki yang 6 volt,,
    trafox ct yang 6 volt mank ada tah mas,,,
    n berapa rincian jumlah harga komonennya,,,,

    BalasHapus
  3. umumnya sama aja dgn diatas itu, cuman ambil output dari travo yg 6 volt.

    BalasHapus
  4. gan, klo utk btrey yg 4 volt, gmna tuh gan?....itu pke yg CT ato yg NON CT?, trus value dri output trafonya brapa dgan brapa?, ane dah beli kiprok 10 amper, ....dah ane cba kiprok ane taruh pada output "0" dngan "12"......trus ane cba ngecas.....hasilnya trafonya jadi bau sangit alias panas brlebihan....yg bner gmana tuh gan? thanks before

    BalasHapus
  5. itu kelebihan gan ..
    non CT bisa, CT jg bisa.

    taruh di angka "0" dengan "4" ato mendekati kalo ada.

    kalo gk ada bisa di "12" dengan "15"

    itu panas disebabkan over voltage untuk pengisian kecil, bisa2 batrenya rusak kalo diterusin ..

    BalasHapus
  6. mas bisa bikin skema untuk chrager batrai 1,5 untuk 4wd? tapi yang isinya bisa cepet , untuk lomba race 4wd soalnya ,, thx di tunggu ya

    BalasHapus
  7. intinya skemanya sama aja kaya diatas..
    kalo pengen cepet beli trafonya 1 amper, yg ada pilihan 1,5 voltnya..
    soalnya baterai umumnya 1,2-1,5 volt.

    biar pengisian lebih bersih dan setabil,, tambahkan capasitor/elco lagi 470uF/16v sebanyak 2 berjajar dirangkai secara pararel .. ada baiknya dikasih indikator pakek amper meter seperti diatas (pakek amper meter digital js bisa).

    BalasHapus
  8. mas bro, apa bisa ngisi untuk output 12v..padahal aslinya aki itu kan teg 12.6 volt.scara teori kan musti ada beda tegangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. 12volt ditrafo sesudah dioda bridge kalo tanpa regulator kemungkinan besar udah bisa 13 volt ke atas .. coba cek aja pakek multimeter..
      soalnya saya udah sering praktekin .

      Hapus
  9. klo bikin 24 volt gmn bos?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya sama, tinggal pilih output yg dari trafo 24 atau 25 volt ..

      Hapus
  10. kalau dipakai regualtor IC untuk mengatur keluarannya apa bisa mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mas,, tp arus keluaran 78xx ampernya kecil, agar teteap besar kasih penguat rangkaian pakek transisotr 2n3055 . biar amper tidak turun tapi voltasenya yg teregulasi .

      Hapus
  11. mas bs minta no hp nya gak,soalnya saya mau tanya2.saya lg riset bkin mtor pake total lost tp aq mw bkin charger lngsung dimotor supaya gak repot cas terus.tp enaknya lwat sms aj y mas.

    BalasHapus
  12. hp saya pulsanya dikit mas.. hehe via chat aja di fb / ym.

    apa nggak dilewatkan spul mesin aja, trus melalu kiprok kan bisa .

    BalasHapus
  13. mas bro, klo travo ct 12V bs digunakan u/ aki 6v apa ngga? apakah rangkaian di atas masih bisa digunakan dg 12-0-12? apa berbeda? mohon petunjuknya..

    BalasHapus
  14. untuk ct bisa aja .
    itu untuk 6 volt ya ?
    kalo misal ada 12 dan 18 volt ambil itu aja,
    tinggal kasih dioda bridge jadi deh, kan 18 - 12 = 6 volt ..
    atau 12 nya sebagai kutup negatif (ground).
    selamat mencoba .,

    BalasHapus
  15. Mas, skema non CT nya pasang elconya d mana? Dan kalw mau pasangin kipas sambungnya d mana? Thx

    BalasHapus
  16. semua dipasang setelah dioda, karena setelah dioda udah DC arusnya

    BalasHapus
  17. kopi susunya ditaruh mna

    BalasHapus
  18. Bang, kalo pake Trafo 3A boleh ga ?
    makasih ..

    BalasHapus
  19. Mas, saya mau bikin charger seperti punya mas diatas :)
    tapi, saya mau buat Rectifier sendiri, jadi mau tanya ni mas kalo pake Trafo 3A Output 18 V untuk Aki 5-7Ah bisa gg ? Lama pengisian charge.nya berapa jam mas ?
    (kalo bisa kasi tau dong itung"an.nya :p)

    Trus langkah2 yang perlu dilakukan/dicek pada Aki
    sebelum dan sesudah di Charge apa aja mas ?

    Terimakasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  20. @ anonim 1: kopi susunya buat pajangan aja.. haha

    @ anonim 2: boleh aja ..

    @ anonim 3: bisa aja, tp kalo diambilnya yg 18v kayaknya kelebihan, baiknya antara 13 sampai 15 aja, kan aki cuma 12v aja.

    lama kalo pakek 3 amper kira2 2,5 jam-an.

    ya dicek aja akinya . gk ada langkah2 yg harus dilakukan kok, semua bebas asal tidak berbahaya. semoga membantu .

    BalasHapus
  21. Salam kenal mas alva....

    Mas saya masih bingung nih masalah trafo CT dan non CT. ini pertanyaan saya mas:

    1. Trafo CT itu apa sih? dan fungsinya apa?

    2. Trafo non CT itu apa sih? dan fungsinya apa?

    3. Kelebihan dan kekurangan dari masing2 trafo itu apa?

    mohon pencerahannya, maaf kalau pertanyaannya banyak, maklum lagi penasaran banget ma elektronika

    BalasHapus
  22. oi ..
    trafo ct keterrrangan bisa diliat di wikipedia mas

    :)

    BalasHapus
  23. mas klo skema carger lmpu emergency pake batre 6v, yang otomatis nyala pda saat mti lmpu. Trus pke pembatas pengisian klo btre udh penuh, mslahnya klo mpu emrgency power daya nya ga prnh di cabut. Kalo g pake pembatas, batre cpet rusak. Trm's.

    BalasHapus
  24. itu rangkainya beda lagi mas ..

    BalasHapus
  25. thankyou gan ane mau coba. newbie.... nih soal elektro. dirumah ada travo nganggur. 5amp. hehehe......... nice post..

    BalasHapus
  26. thankyou gan ane mau coba. newbie.... nih soal elektro. dirumah ada travo nganggur. 5amp. hehehe......... nice post..

    BalasHapus
  27. monggo di coba aja gan, jangan lupa kasih fuse ya biar aman ..

    BalasHapus
  28. Gan, itu skema Trafo non CT sekringnya berapa amper?

    BalasHapus
  29. salam kenal gan,
    saya mau tanya tentang output tegangan (voltase) untuk charger accu yang 12 volt dan 24 volt itu masing-masing berapa ya? soalnya charger automatis saya outputnya cuma keluar 1,5 volt padahal sudah dinaikkan trimpotnya masih aja selisih naiknya cuma 0,1 an. mohon pencerahannya untuk agan Alva. makasih sebelumnya. sukses selalu buat agan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke2, sudah kita bahas di chat.
      trims

      Hapus
  30. mw tny dunk gan, sy pny aki kering bekas mtr 12v 3.5A dan aki bekas lampu emergenci 6v 4.5A yg mw sy tanyakan bgm ya cr bikin 1 charger tuk ke-2 aki tsb dgn mencharge secara bergantian n brp lama ya qra2 wkt pengisiany..trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya mudah, beri outputan trafonya, yg satunya 12v, yg satunya 6v ..

      kecepatan pengisian tergantung amper dari trafonya, misal:

      aki 12v 3 amper/hours, dicharge dengan trafo output DC 12v 1,5 Amper.. al hasil pengisian sampek penuh adalah sekitar 2 jam .

      Hapus
  31. kalo harga ampere meter kira2 brp ya mas?

    BalasHapus
  32. gak tau hrga tepatnya mas, pakek AVO meter juga nisa kok .

    BalasHapus
  33. tx atas jwbny.. Tp trafoy pake yg ct or non ct ya? N klo pake yg 5A bs ga mas..tx

    BalasHapus
  34. tx atas jwbny.. Tp trafoy pake yg ct or non ct ya, fuse'y brp ampre ya? N klo pake yg 5A bs ga mas..tx

    BalasHapus
  35. terserah mas, CT bisa, Non CT jg bisa.
    5 amper bisa ..

    BalasHapus
  36. Mw tny mas... Ampere meter bs ga diganti dng volt meter klo bs caray gmn ya..tx

    BalasHapus
  37. mas, sy tertarik ma jawaban mas yg ini nih :
    "bisa mas,, tp arus keluaran 78xx ampernya kecil, agar teteap besar kasih penguat rangkaian pakek transisotr 2n3055 . biar amper tidak turun tapi voltasenya yg teregulasi "

    setelah atau sebelum regulator?
    trs itu cara pasang transistornya gmn?
    kan output cm ada 2 (positif & negatif), pdhal kaki transistor ada 3.

    bingung mas, maklum, sy lulusan kimia bkn elektronika.
    tp akhir2 ini malah seneng otak-atik elektronika.

    BalasHapus
  38. klo mau nge charge aki 6v 4.5A, tegangan chargernya idealnya brp volt ya mas?

    soalnya yg sy tau,
    biasanya tegangan charger hrs lbh besar drpd batere itu sndiri.

    misal :
    batere hp 3.7V pakai charger 5V
    batere netbook 12V pakai charger 19V

    BalasHapus
  39. mau nanya nih. aku ada 2 ups yang akinya soak. trus kalau aku pake aki mobil yang 12v 65 ampere pake chas 1 ups kan lama. kalau 2 ups dimanfaatkan untuk chas 1 aki tersebut aman ndak2, lebih cepat apa tidak?

    BalasHapus
  40. mas mau tanya saya ada aki kering 6v 4a bisa nga di chas dengan adaptor leptop 12v 4.5a skemanya gimana mas trims

    BalasHapus
  41. @ Anonim 1 : beda fungsinya mas Voltmeter dengan AMpermeter..

    @ Anonim 2 : Adaptor laptopnya harus di konvert dulu menjadi 6 volt dulu .. bisa pakai IC regulator 7806 atau LM317 diu set ke 6 volt ..

    semoga membantu .

    BalasHapus
  42. gan mw tny ane pny trafo 5A dioda kiprok 35A elco 4700uf/50v bisa gx wat cas aki 12v n brapa jm casny

    BalasHapus
  43. om , saya ingin buat ini , apakah benar rangkainnya seperti itu ?
    ada yang pernah berhasil jadi ?

    BalasHapus
  44. mass trafonya emang harus 50volt ? apa bisa yang lebih kecil volt nya ?

    BalasHapus
  45. @ Ysf: bisa aja... tergantung besar amper akinya juga. kalo misal trafo charger 5 amper,, aki juga 5 amper... 1 jam penuh .

    @ Mohammad Emil : aku udah berhasil.. iya rangkaian simpelnya seperti itu..

    maaf, saya tidak menulis 50 volt pada posting diatas,, mungkin yg mas maksud 12 volt 5 amper ?

    nggk harus sih ..,

    BalasHapus
  46. mas saya tanya...
    kalau trafo NON TC 1 ampere
    Dioda Bridge/kiprok brapa ampere?
    Elconya brapa ....uf/....v?
    fuse brapa ampere?
    lama cas pada aki 12v 5a brapa jam?
    TERIMA KASIH.......

    BalasHapus
  47. kipro 5a aja ..
    4700uF jg cukup ..
    sekitar 5 - 7 jam full

    BalasHapus
  48. aq mo bikin charger buat accu motor, mo aq coba charge. Soalnya kalo di liat, sel-nya masih bagus.
    Tpi bingung buatnya. Liat posting ni jadi punya gambaran harus gmna bikinnya.
    Trus aq coba pake skema yang NON CT. Tpi kyproxnya ga ada. Kalo buat bridge dioda ndiri perlu dioda yang kpasitas berapa????
    aq jg mo tnya, beda CT n NON CT pa? Lebih bangus mana outputnya?
    Mohon pencerahanya..
    Awam masalah elektro, tpi pngen bisa :)

    BalasHapus
  49. Non CT sama CT itu sama aja .. cuma kalo ct itu lilitan daleman trafonya di split bagian tengahnya dan disebut ct / nol.. . dan jadinya ada 3 output dari trafonya.

    brosing di google aja :)

    kiprok disesuain trafonya aja.

    BalasHapus
  50. mas mu nanyak nih...klau se umpama 17v,apa g' jadi masalah ke aki nya..?tolong jawab..ma ksh

    BalasHapus
  51. Klo pake trafo 1amper untuk ngecas 6volt gimana caranya bos

    BalasHapus
  52. @ lilik : jangan 17, maksimal 14v aja
    kasian :)

    @ Zamzuri : pilih keluaran travo yg 6v.
    rangkaian sama aja .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trus dioda sma kapasitor nya pke yng brapa

      Hapus
    2. sesuai tutorial di atas jg bisa aja ..

      Hapus
  53. Klo pake adaptor 24V 1A untuk ngecas accu motor kira-kira berapa lama y matur nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan 24 volt. kebesaran ..

      Hapus
  54. numpang tanya mas,
    1. aku terlanjur beli trafo 2A, apakah komponen2 spt diatas bisa dipakai?
    2. bagaimana cara membuat pemutus otomatis disaat Aki full charge ?

    BalasHapus

Beri komentar, saran, pertanyaan ke blog ini disini tempatnya...!!
Jangan spam.
Terimakasih.



ALva's™ Blog on Facebook