NB: mohon maaf, gambar banyak yg hilang dikarenakan server data gambar
mengalami gangguan, masih dalam perbaikan, thanks

Sabtu, 23 Juni 2012

Membuat Ground Strap Koil pada Motor | DIY Coil Ground Strap

Pada postingan kali ini, saya mau berbagi pengalaman lagi sob, kali ini mungkin agak aneh dan kurang menarik,, tapi gk apa lah, anggap aja buat referensi buat sobat-sobat pecinta kecepatan :D.
Berikut adalah cara membuat Ground Strap Koil Motor dengan biaya yang sangat murah sekali, mungkin tidak sampai 5 ribu rupiah,,

Kegunakan dari ground strap yaitu menghindari terjadinya arus listrik yg lolos dan menghindari sinyal-sinyal yg tidak diinginkan. Seperti pada kabel USB yang high end, pasti ada ground strapnya.. gunanya adalah untuk mencegah signal yg bisa menghambat kinerja tranver data, nah hampir sama dengan kabel busi motor, kalo tanpa ground strap listrik akan berpencar kemana-mana, malah ada yang pernah mengalami ada percikan dikabel busi dengan sasis. Nah ground strap kali ini difungsikan untuk mencegah terjadinya kebocoran arus dan memfokuskan arus api/voltase dari koil menuju busi, jadi tidak ada listrik yang terbuang sia-sia sehingga koil bekerja lebih efisien, kinerja busi pun bisa maksimal dan memungkinkan pembakaran akan lebih baik :D..

News: Ternyata setelah saya amati malam hari, keramik busi mungeluarkan sambaran-sambaran petir menuju ke ujung busi (bagian bawah, dalam keadaan motor hidup.) mantapp.. haha . kalo tidak di STRAP mungkin loncatan listrik malah sudah kabur kemana-mana sebelum sampai ditujuanya .. (y).

ini sob keterangan lebih lengkap tentang ground strap .
http://agusalfa.blogspot.com/2012/06/fungsi-koil-banyak-kabelsocket-hasil.html

foto: koil protect racing with ground strap
Membuat Ground Strap Koil pada Motor | DIY Coil Ground Strap


Mungkin cara ini lebih efisien dan efektif ketimbang menggunakan produk 10Power itu,, wkwk.. bukan maksud aneh2 sob, cuma mau share aja dari pengalaman elektronika saya :D
Cara ini bisa diaplikasikan ke semua motor asal ada kabel businya :D


Langsung saja cara-caranya,,

Alat dan Bahan:
-Gunting, Cutter, dsb.
-Isolasi
-Kabel tembaga yg tebal/kawat tembaga panjang secukupnya
-konektor (opsional)
-secangkir kopi dan cendol
-dsb.

Langkah pembuatan: 
1. Menyiapkan alat dan bahan



2. Kupas selubung/karet/isolator kabelnya menggunakan gunting/cutter, hati-hati ya.
3. Lilitkan ke kabel Koilnya, Semakin rapat semakin baik
4. Bungkus dengan isolasi/lakban hitam biar keluatan lebih rapi dan aman

5. Sambung konektor di ujung koil bagian atas (dekat dgn koil) agar lebih rapi saat pemasangan, tapi punya saya tidak rapi, hHAha



ini punya saya, hanya saya isolasi dengan kuat dibagian ground saja :D
(saat dipasang menggunakan koil Tirev, jadi agak panjang. Klik disini untuk lihat Cara Memasang Koil Tiger Revo di Yamaha Vixion. )

6. Minum secangkir cendolnya..
Membuat Ground Strap Koil pada Motor | DIY Coil Ground Strap


Cukup sekian sob, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

18 komentar:

  1. gan..klo koil stndar vixion bisa ndak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa gan,,
      umumnya semua koil bisa digunakan cara tradisional ini :d

      Hapus
  2. sip gan., tk cobak.e,,
    ane baru beli coil tigerevo new, murah bngt, cuma 78rb aj,,
    skrng sblm ane pasang, tk praktekin juga cara agan nih,, :D

    BalasHapus
  3. bang, kan ujung kabel yg satunya ke massa koil, trus ujung kabel yg satunya lagi dikemanain?

    BalasHapus
  4. sori gambarnya lg ilang, lg diperbaiki .

    ya intinya salah satu ujung saja yg dihubungkan ke ground/masa

    BalasHapus
  5. gan di koil itu ada led apaan? :D

    BalasHapus
  6. gan itu di koil ada LED apaan ya? :D

    BalasHapus
  7. boz,klo d gulung rapet bgt gmn boz?nutup kbel koil?

    BalasHapus
  8. boz, klo d gulung rapet bgt gmn,ampek nutup smua kbel koil?

    BalasHapus
  9. Saya pake koil tirev sepul api vixion saya hangus..........padahal aki normal voltnya.......

    BalasHapus
  10. gan ujungnya ke massa aja kan.

    BalasHapus
  11. ujung satunya,, di tempelkan kemana bro,, ke busi a

    BalasHapus
  12. @1 : bukan koil tirev asli itu mungkin gan ?

    @ 2: ujung satunya biarkan terbuka,

    BalasHapus
  13. saya dari malaysia..sudah mencoba cara ground cable gini.. terasa beda nya amat sangat.. pickup motor honda C70 lagi laju...cepat.. di syorkan mencoba ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke, good.

      thx for visiting to my blog

      Hapus

Beri komentar, saran, pertanyaan ke blog ini disini tempatnya...!!
Jangan spam.
Terimakasih.



ALva's™ Blog on Facebook